Sabtu, 15 Oktober 2011

NetDog: Si Anjing Penjaga Internet

Pemakaian internet yang aman dan nyaman tentunya sangat diharapkan oleh tiap pengguna media ini, mulai dari orang tua sampai bagian IT dari sebuah perusahaan. Ada kalanya kita ingin menerapkan aturan yang ketat tentang pemakaian internet. Untuk itu, jika anda rajin mengikuti artikel yang diposting di blog infogaptek ini tentu sudah mengetahui tentang K9 Web Protection dan OpenDNS. Kedua metode itu cukup ampuh untuk melakukan filtering pemakaian internet, sehingga anda para orang tua jadi tidak perlu khawatir mengijinkan pemakaian internet bagi para buah hati anda.
Selain dua metode yang pernah dibahas tersebut, ada satu lagi software (freeware) yang bisa anda install di PC jika anda menginginkan filtering yang lebih ketat. Freeware tersebut adalah NetDog. Apa bedanya dengan K9 Web Protection? Bedanya adalah, NetDog ini bisa anda atur sehingga hanya alamat-alamat website yang anda kehendaki saja yang bisa diakses.
Netdog Admin freeware internet filtering
Pertama, download freeware NetDog
Setelah itu lakukan instalasi seperti biasa (tekan tombol Next terus..)
Setelah instalasi sukses, di desktop akan muncul shortcut NetDogAdmin seperti gambar disamping ini.
Jika anda benar-benar ingin membuat aturan yang ketat, sehingga hanya website yang terdaftar saja yang bisa diakses, maka aktifkan (contreng) opsi Block All Websites Except Great Websites.
Jangan lupa berikan password untuk NetDog Admin, sehingga setting yang sudah anda inputkan tidak diganti-ganti oleh putra-putri anda atau staf anda di kantor.
Selamat mencoba…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar